Buku paket Hal 128

1 b. Ingin menguasai kekayaan alam Indonesia.
2 a. Karena Jepang berhasil mengalahkan Belanda.
3 d. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.
4 b. Untuk memudahkan pengawasan dan mobilisasi rakyat.
5 d. Jepang memiliki kekuatan kepolisian dan militer yang lebih baik
essay
1.Tujuan utama Jepang menyerang Indonesia adalah untuk : Menaklukkan wilayah yang kaya sumber daya alam yang penting seperti minyak dan karet. Menguasai Indonesia sebagai pasar untuk produk Jepang. Memperoleh tenaga kerja untuk membantu upaya perang Jepang.

2. Selama masa penjajahan, jepang membangi Indonesia ke dalam tiga wilayah: yaitu Sumatra, Jawa-Madura, dan Kalimantan-Kawasan Indonesia Timur. Tujuan Jepang membagi Indonesia ke dalam tiga wilayah adalah untuk pertahanan dan mendapat dukungan.

3. Dilarangnya buku-buku berbahasa Belanda dan Inggris. Guru-guru yang dipekerjakan sebagai pejabat pada masa itu yang menyebabkan kemunduran standar pendidikan secara tajam. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar.

4.Penyebab munculnya perbedaan strategi dalam melawan Jepang adalah adanya perbedaan pandangan dari tokoh pemimpin Indonesia. Ada pemimpin Indonesia yang berpendapat bahwa sikap kooperatif dan kerja sama merupakan langkah terbaik ketika perang berlangsung. Sikap kooperatif dilakukan agar tidak lagi ada pertumpahan darah.

5. Tidak lama pengeboman Nagasaki terjadi pada 9 Agustus 1945. Peristiwa tersebut membuat sekitar 14.000 penduduk Jepang menjadi korban dan akhirnya mereka mengaku kalah dari sekutu. Buntut dari peristiwa ini yaitu Jepang berjanji memberikan kemerdekaan pada tanggal 24 Agustus 1945 untuk Indonesia.